KHANDURI LAOUT



KHANDURI LAOUT
Khanduri Laout artinya Kenduri Laut biasanya diselenggarakan oleh para nelayan yang mencari ikan di laut, seperti memancing, memukat dan lainnya. Kenduri laut pada umumnya masyarakat nelayan yang menyelenggarakan sesuai hasil kesepakatan musyawarah nelayan di bawah pimpinan pangljma laout
            Adakalanya kenduri laut diadakan 3 tahun sekali, dan ada yang menyelenggarakan 5 tahun sekali. Kenduri laut biasanya khusus member makan anak yatim dan fakir miskin, serta pada malam hari diadakan tahlil samadiah, dan dilanjutkan dengan tadarus (bacaan al-quran) sampai menjelang pagi, dan ditutup dengan doa.
            Symbol-simbol dan nilai tradisional yang terkandung dalam acara kenduri laut ini tidak diuraikan sampai detail oleh penulis, karena sudah banyak dimuat dalam berbagai buku hasil penelitian para pakar pelautan, antropologi dan ilmuan akademisi.
            Sekarang apakah nilai-nilai tradisi tersebut masih di terapkan oleh para nelayan  ?. mungkin sebagian yang masih menerapkannya. Karena fakta yang terjadfin sekarang pada nelayan tradisi tersebut semakin memudar bahkan seakan menghilang tradisi kenduri laout.
            Para nelayan sekarang malah asyik melakukan penangkapan atau pemburuan semata, tanpa memikirkan tata cara/etika bernelayan serta larangan penangkapan atau pemburuan ikan pada hari yang ditentukan oleh panglima laout.